Ads Top

HOW TO INSTALL VMWARE ON LINUX MINT 17.3




Om Swastiastu.
Selamat pagi kawan-kawan pembaca, kali ini saya akan berbagi sedikit mengenai bagaimana cara menginstall vmware di linux mint 17.3, baiklah untuk menghemat waktu jadi langsung saja.

1. PENGERTIAN 

VMware Workstation adalah sebuah perangkat lunak mesin virtual untuk arsitektur komputer x86 dan x86-64 dari VMware, sebuah bagian dari EMC Corporation. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat banyak x86 dan x86-64 komputer virtual dan digunakan secara simultan dengan sistem operasi yang digunakan. Setiap mesin virtual tersebut bisa menjalankan sistem operasi yang dipilih, seperti Windows, Linux, varian BSD dan lain sebagainya. Dalam arti yang sederhana, VMware workstation bisa menjalankan banyak sistem operasi secara simulatan dengan menggunakan satu fisik mesin.  

2. LATAR BELAKANG 

Dengan menginstall vmware di laptop kita, maka akan memungkinkan menjalankan sistem operasi lain tanpa harus melakukan install ulang terhadap laptop kita, selain itu juga memudahkan kita untuk mempelajari sistem operasi lain tanpa harus install ulang.

3. MAKSUD DAN TUJUAN 

Agar kita bisa belajar menggunakan lebih dari 1 sistem operasi lain yang  telah di install di vmware, sehingga nantinya dapat diterapkan di pc kita dan dapat meminimalisir kesalahan saat diterapkan di pc.

4. ALAT DAN BAHAN 

-file installer vmware yang telah di download
-laptop
-koneksi internet

5. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN 


waktu yang saya butuhkan sekitar 1 jam

6. TAHAP PELAKSANAAN 

1. Masuk ke terminal anda sebagai root lalu ketikkan perintah berikut
# apt-get install gcc build-essential 



2. Kemudian masuk ke directory vmware berada, contohnya vmware saya berada di directory download, jadi perintah yang saya ketikkan adalah.
# cd /home/deva/Downloads
kemudian # ls untuk menampilkan file di directory downloads



3. Kemudian berikan hak akses dengan perintah
# chmod +x namafile.bundle



4. Selanjutnya install vmware dengan perintah
# gksudo bash ./namafile.bundle



5. Selanjutnya akan muncul seperti gambar di bawah ini silakan klik I accept the terms in the license agreement kemudian klik Next



6. Kemudian ketika muncul seperti gambar berikut pilih No jika anda tidak ingin melihat pembaruan produk dan pilih Yes untuk sebaliknya


7. Pilih Yes jika anda bersedia untuk membantu software vmware menjadi lebih baik, kemudian klik Next.



8. Setelah itu buat username lalu klik Next.



9. Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih tempat untuk menyimpan vmware, biarkan saja file vmware berada di /var/lib/vmware/shared VMs 
lalu Next.



10. Kemudian isikan port dan license key untuk vmware. Anda dapat mengcopy licence keynya dari internet, silahkan dicari sendiri, kemudian klik Next.



11. Dan vmware pun siap di install, klik install untuk menginstallnya.


12. Kemudian proses installasi akan berjalan, silahkan tunggu prosesnya hingga selesai.

13. Jika prosesnya sudah selesai maka akan muncul seperti gambar berikut. Klik close



14. Silahkan buka vmware, dan ini adalah gambar vmware yang sudah di install


7. HASIL DAN KESIMPULAN 
 

Hasilnya setelah vmware terinstall maka dapat digunakan untuk pembelajaran, misalnya untuk melakukan installasi OS  dan mempelajari seluk beluknya. Kesimpulannya installasi vmware memang cukup mudah tetapi memerlukan kesabaran dan ketelitian agar vmware berfungsi dengan baik.

8. REFERENSI

-https://id.wikipedia.org/wiki/VMware
-teman-teman di BLC Telkom Klaten

No comments:

Powered by Blogger.